Laman

Label

Jumat, 19 Juni 2015

Keep On Track!


Aku adalah orang yang masih lemah dalam hal management waktu. Banyak jadwal dan target yang melenceng dari perencanaan karena gagal dalam pengaturan waktu dan jadwal. Bingung memilih tugas yang harus menjadi prioritas seringnya justru membuat semuanya lebih kacau. Dan tak satu pun target dapat terpenuhi tepat waktu.

Kemarin, sempat kembali bingung dengan agenda menulis. Di kelas cerpen anak Merah Jambu 4, dua minggu terakhir telah disepakati untuk diisi konsultasi seputar lomba penulisan ulang legenda dari Kemendikbud. Artinya kita harus merelakan satu minggu kelas fabel dan kelas editing untuk diisi legenda kemendikbud. Karena ada beberapa PRku yang belum tuntas, satu minggu aku gunakan untuk menulis cerpen anak hingga dapat 3 judul yang siap dikirim ke Bobo. Dan akhirnya hanya tinggal satu minggu untuk berfikir keras memilih judul dan survey sebuah legenda yang belum begitu dikenal.

Seminggu, ternyata waktu yang sangat singkat. Beberapa tugas dalam grup penulis dan grup sosial serempak dalam minggu yang sama. Lumayan memenggal waktuku untuk survey legenda yang akan kutulis ulang. Dan akhirnya hingga deadline tinggal dua hari, belum terbesit lagi kisah yang akan ku tulis. Sedangkan dua judul, ide cerpen anak yang ku dapat seminggu lalu juga gagal tertuang dalam tulisan. Deadline lomba kemendikbud tinggal dua hari lagi. Surveyku tidak memadahi. Sudah tiga orang di kelas Merah Jambu yang menyelesaikan legendanya beberapa hari lalu. Sedangkan aku masih bingung dengan tugas yang harus menjadi prioritas. Rasanya seminggu ini sungguh banyak ide dan waktu yang tersia-siakan lagi.

Dan Alhamdulillah, kemarin kembali mendapatkan sedikit pencerahan. Diberi tips dan contoh cara mengatur jadwal harian serta job checklist. :D Jadi, kemarin langsung otak-atik Ms Excel buat bikin schedule harian dan job describe selama sebulan. Tinggal pengaplikasiannya dalam keseharian. Semoga benar-benar bisa konsisten dengan jadwal yang kususun sendiri. Hehe Tinggal membuat sanksi untuk diri sendiri kalau melanggar apa yang sudah terjadwal >.<

Sebuah kesuksesan itu dibutuhkan konsisten dalam job describe, sehingga tidak ada sedikit pun waktu yang akan terbuang secara percuma. Dan sekarang, masih belajar untuk konsisten dalam menulis. Apapun yang penting harus menghasilkan minimal sebuah tulisan dalam satu hari. 

Namun, keadaan semangatku yang selalu naik turun tak menentu juga sangat berpengaruh. Memang harus selalu ada sebuah motivasi dan motivator agar semangat terus melejit untuk Keep on Track. Lingkungan juga sangat diperlukan untuk membangun sebuah kesuksesan dalam setiap rencana yang teragendakan. Membangun habbit yang baik memang sangat penting. Agar kemudian kita bisa terbangun dari habbit baik yang telah tercipta. Sangat penting memilih lingkungan dan kelompok yang selaras dengan apa yang menjadi passion kita. Tentunya itu akan sangat membantu kemudahan tercapainya mimpi yang telah terangkai.

Satu hal yang paling utama dan perlu diingat dalam menggapai impian serta kesuksesan sedini mungkin adalah "Don't Waste Time and Keep on Track!" Self Reminder. 

Terima kasih ya Rabb, karena selalu tahu kapan aku mulai butuh untuk kembali diingatkan dan butuh semangat. Sehingga Engkau mengirimnya sebagai alarmku :p

Salam penuh uji coba. Semoga bisa konsisten.
Aisyah El Fayruz
@istfun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya.. jangan lupa tinggalkan komentar dan follow g+ yaa.. ^_^