Laman

Label

Rabu, 30 April 2014

Serba Macet



Sebagai seorang remaja, Internet sudah menjadi bagian dari hidup saya. Selain sebagai ajang mengekspresikan diri, sosialisasi dan kompetisi, Internet juga selalu menyediakan jalan yang luas sebagai media bisnis perekonomian. Tidak hanya mudah dan cepat, adanya akses internet ini membuat segalanya jadi lebih hemat, mulai dari waktu, tenaga dan biaya.

Internet tidak hanya membuka pintu kesuksesan bagi kaum muda saja, melainkan untuk semua kalangan. Oleh karena itu, mempelajari internet sangat penting bagi kita semua. Demi memaksimalkan kinerja dan produktifitas manusia untuk mendapatkan sebuah kesejahteraan yang lebih baik.

Bergelut dengan dunia maya sudah menjadi keseharian saya. Dan semuanya serba akses internet, mulai dari social media facebook, tweeter, path, blogger, instagram dan masih banyak yang lainnya. Belum lagi whatsapp dan bbm yang harus selalu aktif sebagai media berbagi ilmu dalam berbagai grup. Yaaah sudah bisa dibayangkan kalau akses internet hilang. Serba macet, itulah yang terjadi jika satu hari saja tanpa internet.


Yang pertama, ditinjau dari segi pengetahuan. Keberadaan akses internet sangatlah penting baik untuk pelajar, pegawai ataupun pebisnis, termasuk saya. Kebutuhan informasi dan pengetahuan terupdate semakin tinggi seiring bergulirnya waktu. Disamping lebih mudah juga akan lebih efisien jika menggunakan akses internet. Namun ketika internet ngadat, tentunya akan terjadi kemacetan informasi, sehingga laju penyebaran ilmu pengetahuan juga terhambat.

Bagi seorang pelajar dan mahasiswa yang selalu dikejar-kejar deadline tugas, internet mempunyai peran yang sangat penting. Terjadinya kemacetan informasi pengetahuan karena ketiadaan akses internet tentu sangat merugikan. Yang berarti memperlambat laju kepandaian sehingga lahirnya teknologi-teknologi baru yang lebih canggih juga ikut terhambat.


Yang kedua, ditinjau dari segi perekonomian. Dewasa ini, internet telah banyak berjasa dalam pengembangan perekonomian dunia. Sejak internet booming, banyak yang memanfaatkan media yang ada sebagai sumber penghasilan. Banyak bisnis online yang lahir dengan adanya fasilitas internet, mulai dari bisnis jual beli online, paid to click dan masih banyak yang lainnya. Nah, bisa dibayangkan berapa besar kerugian para pebisnis online kalau sehari tanpa internet. Artinya akan terjadi kemacetan ekonomi global yang akan memperlambat perputaran siklus dunia ekonomi dan memperlambat kesejahteraan rakyat.

Yang ketiga, ditinjau dari segi sosialisasi. Komunikasi yang baik sangat menunjang perkembangan kesejahteraan manusia. Melalui internet, komunikasi menjadi jauh lebih mudah baik itu jarak dekat maupun jarak jauh. Tentunya ini sangat memberi keuntungan yang sangat besar, disamping hemat waktu, juga hemat biaya. Ketika komunikasi terhambat oleh ketidak adaan akses internet yang memadahi, tentu akan mempersulit dalam penyampaian informasi. Tidak hanya itu, resiko terputusnya tali silaturrahmi juga akan semakin besar.

Dan bagi kebanyakan kaum remaja yang gemar nangkring di dunia maya, ibarat internet akan jadi seperti makanan pokok. Dimana kebutuhan untuk tetap eksis di sosial media telah menjadi suatu prioritas utama untuk bisa mengekspresikan diri. Mulai dari kreasi ber-selfie-ria mengekpresikan diri untuk tetap berkarya dalam berbagai tulisan.

Hal ini telah membuktikan bahwa menggenggam internet sangatlah penting bagi kemajuan dan kesejahteraan manusia terutama untuk Indonesia, agar tidak tertinggal dengan negara-negara lain. Dengan catatan selalu menggunakan Internet secara bijaksana, yakni memanfaatkannya sebaik mungkin untuk hal-hal yang tentunya mempunyai pengaruh positif untuk perubahan yang lebih baik.

Saya dan Internet bagaikan belahan jiwa yang telah termagnet yang sulit dipisahkan. Dan tanpa internet, bagaikan berada dalam kemacetan panjang yang penuh kebosanan.

1 komentar:

Terimakasih atas kunjungannya.. jangan lupa tinggalkan komentar dan follow g+ yaa.. ^_^